fbpx

Perdagangan Global Diramal Lebih Cepat Pulih Daripada Krisis 2008

 Institut Kiel Jerman untuk Ekonomi Dunia menyatakan perdagangan global dunia tengah dalam proses pemulihan yang diyakini prosesnya akan lebih cepat dibandingkan dengan pascakrisis 2008.
Badan ini menyatakan volume pengiriman sudah kembali ke tingkat yang membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk dicapai setelah jatuhnya Lehman Brothers. Presiden institut Kiel Gabriel Felbermayr mengisyaratkan pemulihan berbentuk V.
“Perdagangan global telah mengalami kemerosotan yang dalam dan rebound yang cepat. Situasi saat ini jauh lebih baik dibandingkan satu dekade lalu,” katanya dilansir Bloomberg, Selasa (1/9/2020).
Pandemi telah mendorong ekonomi global ke dalam kemerosotan terdalam sejak Depresi Hebat. Rebound awal mencerminkan pengangkatan pembatasan pergerakan yang ketat untuk membendung penularan virus.
Namun demikian, pembuat kebijakan telah memperingatkan untuk berhati-hati pada optimisme dini yang menyatakan situasi terburuk telah berlalu.
Organisasi Perdagangan Dunia mengatakan bahwa proyeksi untuk rebound perdagangan berbentuk V yang kuat pada 2021 mungkin terlalu optimistis.
Namun lembaga yang lain termasuk Institut Kiel – mengambil sikap yang lebih percaya diri. Sedangkan kemarin, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau IMF Kristalina Georgieva menunjuk pada kebangkitan perdagangan global.
Institut Kiel berargumen bahwa aktivitas pengiriman peti kemas di area utama mendukung kesimpulannya, dengan pergerakan kapal di Amerika, Asia, dan Eropa telah kembali normal. Kapasitas angkutan kembali ke tingkat yang diharapkan pada akhir Agustus, bahkan tanpa krisis.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang
There are no products in the cart!
Continue Shopping

20% off

sale